BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Minggu, 16 Mei 2010

Unsur Nutrisi bagi tubuh

Tubuh membutuhkan Unsur Nutrisi

Hippokrates menghimbau kita agar menjadikan makanan sebagai obat dan obat sebagai makanan. Makanan yang dimakan seseorang setiap hari dengan segala jenisnya, jika dipilih dan diatur dengan baik bisa memenuhi kebutuhan tubuh. Namun, makanan yang semata-mata dikonsumsi atas dasar selera, tidak dapat memenuhi kebutuhan tubuh.

Agar tubuh sehat dan aktif, pola makan sehari-hari harus tersusun dari berbagai unsur, seperti vitamin, gizi, dan mineral.

  • Protein.

` rotein dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan, mengganti atau memperbaiki sel-sel yang aus atau rusak, dan mendukung ketahanan tubuh. Contoh fungsi nyata protein di dalam tubuh adalah memperbaiki struktur rambut, otot, kuku, tendon, ligament, dan struktur tubuh lainnya.

  • Lemak.

Lemak diperlukan sebagai sumber tenaga dan penghangat tubuh. Lemak juga berfungsi sebagai pelindung organ-organ penting, seperti paru-paru, jangung, dan hati. Selain itu lemak juga membantu metabolisme dari vitamin yang larut dalam lemak, seperti vitamin A,D,E,dan K.

  • Air.

Tubuh membutuhkan air untuk mengatur sistem tubuh atau memelihara suhu tubuh. Selain itu air diperlukan untuk proses di dalam tubuh, seperti penyerapan, pencernaan, sirkulasi dan pembuangan kotoran. Tubuh masih mampu bertahan selama beberapa hari tanpa makanan, tetapi tidak akan bertahan jika tanpa air, sehingga air sangat dibutuhkan bagi kelangsungan hidup. Demikian pula dengan tubuh kita, sebagian besar berupa air. tersedianya air yang bersih dan sehat merupakan aspek penting yang perlu diperhatikan.

  • Oksigen.

Oksigen diperlukan tubuh untuk pernapasan dan membersihkan darah.

  • Enzim.

Selain terdapat didalam tubuh, enzim juga terdapat dalam makanan. Enzim bermanfaat untuk memperpanjang umur dan menjaga kondisi tubuh ketika usia lanjut.

  • Vitamin.

Vitamin berfungsi untuk kesehatan urat saraf, mencegah perdarahan , pertumbuhan gigi, membantu proses pembekuan darah, dan mencegah infeksi.

  • Mineral.

Tubuh membutuhkan berbagai mineral, seperti kalsium, besi, yodium, mangan, khlor, dan fosfor. Mineral membuat tubuh kuat dan kokoh, membentuk hemoglobin, dan mengatur metabolisme tubuh.

http://www.roemahobatalami.com/jus-dan-herbal/unsur-nutrisi-bagi-tubuh

0 komentar: