BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Minggu, 16 Mei 2010

INVESTASI PALING MENGUNTUNGKAN

Krisis keuangan yang terjadi di negara Amerika Serikat berubah menjadi krisis keuangan global. Negara kita yang menjadi bagian dari kehidupan global juga tidak luput dan juga terkena imbas dari krisis keungan global tersebut.

Serangan krisis ekonomi menyerang antara lain BEI (Bursa Efek Indonesia) dan mata uang rupiah. Bahkan otoritas bursa efek sempat menghentikan sementara (suspend) perdagangan efek di BEI agar penurunan IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) tidak terus berlanjut. Mata uang rupiah pun juga mendapatkan tekanan yang mengakibatkan nilainya terdepresiasi. Kita tentu sangat mengharapkan depresiasi rupiah ini hanya sementara saja. Karena jika nilai rupiah terus menurun, maka kehidupan mayoritas rakyat Indonesia akan semakin terpuruk.

Krisis keuangan global ini juga mengakibatkan produk-produk ekspor utama Indonesia berkurang baik harga maupun volume ekspornya. Sebagai antisipasinya maka bangsa Indonesia selayaknya mencari pasar ekspor baru.

Yang paling terkena dampak krisis ekonomi global ini adalah mereka yang secara ekonomi berada pada lapisan bawah. Hal yang terus terjadi di setiap krisis. Sedangkan mereka yang tergolong kaum ekonomi kelas atas nyaris tidak mengalami masalah berarti dalam menghadapi krisis ekonomi global ini. Ini dapat terjadi karena mereka memiliki banyak dana yang mereka investasikan di beragam jenis investasi.

Bermacam Jenis dan Resiko Investasi

Ada beragam jenis investasi, baik investasi jangka pendek, jangka sedang dan jangka panjang. Keuntungan dan resiko dari investasi tersebut pun sebanding. Maksudnya apabila investasi tersebut memungkinkan kita mendapatkan keuntungan yang besar dan dalam waktu yang singkat maka resiko kerugian yang menghadang kita juga besar. Demikian juga sebaliknya apabila jenis investasi yang kita pilih adalah yang beresiko rendah, maka keuntungan yang bakal kita terima juga lebih sedikit dan mungkin kita mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Menurut ahli keuangan seseorang disarankan untuk menginvestasikan dananya di semua jenis investasi baik yang berjangka pendek, sedang maupun panjang. Dengan menginvestasikan dananya di berbagai macam jenis investasi, maka diharapkan resiko kerugian akan dapat dikurangi. Apabila salah satu jenis investasi mengalami kerugian, investasi lainnya dapat menutupinya.

Dana yang kita pakai untuk berinvestasi bukanlah dana untuk kehidupan sehari-hari. Karena apabila dana untuk biaya hidup dan makan sehari-hari digunakan untuk berinvestasi (misalnya saham) apabila terjadi kerugian, maka kehidupan sehari-hari akan ikut terganggu pula. Oleh karenanya untuk dapat berinvestasi kita harus mempunyai dana lebih.

Dan apabila kita mempunyai dana lebih untuk diinvestasikan adalah langkah yang bijaksana jika kita mempelajari seluk beluk jenis dan resiko investasi tersebut. Dengan mengetahui dan memahami keuntungan dan kerugian jenis investasi, maka kita akan lebih siap bukan hanya siap ketika mendapatkan keuntungan tetapi juga siap dan tidak panik ketika mendapatkan kerugian.


http://guswan76.wordpress.com/2008/11/13/investasi-paling-menguntungkan/


0 komentar: