BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Minggu, 23 Mei 2010

Menghilangkan Bau Tak Sedap di Lemari Es

Bau tak sedap dari lemari es boleh jadi merupakan masalah yang kerap dihadapi oleh sebagian besar orang. Kalau sudah begini, tidak mustahil kalau bau tak sedap tersebut akan mempengaruhi aroma makanan yang disimpan di dalam lemari es.

Bau tak sedap dari lemari es bias muncul antara lain karena si empunya lalai untuk membersihkan serta melakukan perawatan. Bau dari benda-benda yang disimpan di lemari es akan mengendap dan menimbulkan aroma yang tidak sedap.

Untuk itu, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga lemeri es agar awet dan tahan lama. Yang pertama, bersihkanlah bagian dalam lemari es minimal satu bulan sekali dengan menggunakan cairan antiseptik yang aman untuk makanan.

Sebaiknya tidak menggunakan sikat, keset, dan cairan alkali. Gunakanlah lap busa yang lembut untuk membersihkan dinding-dinding lemari es agar bakteri yang menempel hilang.

Jangan lupa melebur bunga es yang menempel pada dinding-dinding freezer, tetapi ingat untuk tidak mencongkelnya dengan pisau atau benda tajam lainnya karena dapat merusak evaporator lemari es.

Lepaskan rak-rak dalam lemari es ketika membersihkan dinding lemari es. Cuci menggunakan cairan antiseptik yang aman untuk makanan. Jika Anda telah selesai membersihkan bagian dalam lemari es, jangan langsung mengisinya kembali dengan makanan, melainka diamkan selama 20 – 30 menit dengan suhu stabil. Hal ini sangat penting untuk menjaga kesegaran makanan agar tidak lembap.

Anda juga harus memperhatikan lama penyimpanan makanan. Makanan-makanan yang mudah busuk (sayuran dan buah) biasanya 3-4 hari, ikan segar 1-2 hari, daging segar 4-5 hari, susu kurang lebih 3-7, telur sekitar 2 minggu. Simpanlah makanan yang berbau tajam pada wadah tertutup sehingga aromanya tidak ”mencemari” makanan lainnya.

Aturlah suhu di dalam lemari es sesuai kebutuhan. Jangan menyimpan makanan atau minuman yang panas di dalam lemari es karena dapat menyebabkan refrigerator bekerja keras untuk mendinginkan. Hal ini juga dapat menaikkan tagihan listrik Anda karena tenaga yang dibutuhkan juga meningkat.

Jangan lupa juga untuk merawat bagian luar lemari es agar tetap indah dipandang dari luar. Lap dinding luarnya dan berilah sejenis taplak agar lemari es terlihat cantik dan rapi.

Sumber : Kompas 22 Mei 2010

0 komentar: