BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Minggu, 23 Mei 2010

Menu Diet Sehat

Kita tahu bahwa buah dan sayur baik untuk tubuh kita karena buah dan sayur mengandung banyak serat yang sangat dibutuhkan dalam proses metabolisme. Saking sehatnya mengkonsumsi buah dan sayuran sampai-sampai kita dianjurkan mengkonsumsi menu buah dan sayur sebanyak 5 porsi sehari: buah sebanyak 2 porsi dan sayur 3 porsi. Makan buah dan sayur sampai 5 porsi sehari adalah cara diet sehat alami.

Mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari adalah suatu hal yang baru bagi saya. Alasan saya dan mungkin juga alasan banyak orang lainnya, ialah karena saya tidak suka buah apalagi sayur. Kalaupun ada buah yang saya suka, biasanya harganya cukup mahal. Sayur? Selama di meja makan ada daging atau ikan, sayur tidak akan saya sentuh. Itulah saya dulu.

Keinginan untuk langsing (setelah 3 kali kehamilan dalam 4 tahun terakhir yang menaikkan berat badan saya sampai 15 kg) membuat saya menengok buah dan sayur. September 2008 adalah bulan yang ke-6 saya menjalankan diet sehat dan sayur adalah menu utama dalam diet saya. Pada mulanya, saya tidak bisa menikmati sayur-mayur yang saya makan. Hari berganti hari,minggu berganti minggu dan bulan berganti bulan, saya tidak tahu sejak kapan tepatnya, saya mulai menyukai rasa sayuran. Sekarang saya bisa menikmati berbagai macam sayuran menu makan siang ataupun makan malam, dan saya tidak merasa terpaksa lagi menghabiskan satu piring sayuran tanpa nasi putih. Begitu pula dengan buah, satu piring buah segar biasa saya nikmati sebagai pengganti snack. Malahan sekarang rasanya aneh bila dalam sehari tidak mengkonsumsi buah. Demikianlah pengalaman saya dalam menjalankan diet sehat yang sampai saat ini telah berhasil menurunkan berat badan saya sebanyak 9 kg selama 6 bulan.

Buah favorit saya yang menemani saya diet sehat adalah buah apel, semangka, dan nanas. Sementara sayuran favorit saya dalam diet sehat adalah sawi putih, brokoli, dan taoge. Dengan mengkonsumsi 5 porsi buah dan sayur dalam diet sehat saya, saya tidak merasa lapar dan tersiksa. Berat badan saya pun turun dengan perlahan tapi pasti.

Manfaat Mengkonsumsi 5 Porsi Buah dan Sayur.

  1. Terhindar dari berbagai macam penyakit, seperti penyakit kardiovascular, kanker, diabetes dan gangguan pencernaan.

    Survei di Amerika menyatakan bahwa resiko terkena penyakit kardiovascular

    dapat berkurang bila mengkonsumsi lebih dari 3 porsi buah dan sayur. Badan Penelitian Penyakit Kanker Dunia juga memperkirakan resiko terkena semua jenis kanker dapat berkurang sampai dengan 20% dengan makan sampai 5 porsi atau lebih buah dan sayur. Studi juga menunjukkan makanan berserat tinggi membantu kita terhindar dari penyakit diabetes dan kanker usus besar. Lebih lanjut dikatakan bahwa jenis kanker ini sangat jarang dijumpai di negara-negara yang diet tradisionalnya terutama terdiri dari makanan serelia, buah-buahan dan sayur-sayuran.

  2. Kelebihan berat badan menyingkir dengan sendirinya.

    Hal ini dikarenakan buah dan sayur mempunyai kandungan kalori yang cukup rendah. Buah dan sayur adalah makanan bebas lemak, kalaupun mengandung lemak adalah lemak yang baik untuk kesehatan kita. Dengan mengkonsumsi lebih banyak sayur dan buah setiap hari terjadi penurunan asupan kalori yang membuat tubuh membakar lemak dalam tubuh kita ketika kalori yang kita keluarkan lebih banyak dari kalori makanan yang masuk.

  3. Berat badan terkontrol.

    Kandungan serat yang tinggi dari 5 porsi buah dan sayuran menyebabkan kita merasa kenyang sehingga kita tidak makan snack berkalori tinggi dan berat badan kita pun terkontrol.

  4. Buang air besar lancar setiap hari.

    Tingginya serat sayur dalam 5 porsi buah dan sayur menyebabkan proses metabolisme bekerja dengan lancar. Proses buang air besar pun mudah. Kotoran yang keluar tidak keras dan tubuh kita pun sehat. Kita terhindar dari penyakit wasir; atau bagi yang telah mempunyai masalah dengan wasir, dapat terhindar dari kondisi yang lebih parah (membesar atau berdarah).

  5. Tubuh menjadi lebih segar dan enerjik.

    Banyaknya kandungan vitamin dan mineral dalam buah dan sayur membuat tubuh. kita segar dan enerjik sehingga kita pun terhindar dari infeksi virus seperti influenza atau serangan bakteri lainnya. Kita juga tahu bahwa buah sangat diperlukan untuk recovery atau masa pemulihan setelah menderita sakit. Karena itu, telah menjadi suatu kebiasaan untuk membawa buah-buahan ketika kita menjenguk sanak-saudara atau teman yang sakit.

http://www.menudiet.info/detail_blog.php?id_blog=11

0 komentar: