BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Selasa, 25 Mei 2010

Tips Menjaga Kesehatan Pada Musim Pancaroba

Daya tahan tubuh menjadi benteng pertahanan menghadapi segala serangan yang mengancam kesehatan kita. Kuman, bakteri, dan virus penyebab penyakit sepertinya berkembang pesat di musim pancaroba ini. Sistem kekebalan tubuh atau sistem immun pun hendaknya terus ditingkatkan. Organisme penyebab penyakit seperti bakteri, virus, parasit dan jamur, dideteksi ketika masuk ke dalam tubuh lalu dibunuh oleh selsel sistem immun. Dengan demikian gangguan penyakit dapat ditangkal dan dilawan. Sel-sel darah putih (leukosit) merupakan bagian utama dari sistem kekebalan tubuh. Mekanisme pertahanan tubuh manusia berlapis pula mulai dari bagian luar sampai bagian dalam tubuh.

Menghadapi musim pancaroba seperti sekarang, tak ada resep mujarab selain meningkatkan daya tahan tubuh secara terus menerus. Beberapa hal yang dapat dilakukan antara lain:

1. Perbanyak konsumsi buah-buahan. Selain mengandung serat, buah juga kaya vitamin C.
2. Perbanyak makan makanan bergizi yang mengandung 4 sehat 5 sempurna, (karbohidrat, lemak, protein, mineral, dan lainnya) yang dibutuhkan oleh tubuh. Jalani pola makan sehat.
3. Istirahat yang cukup akan mampu mengembalikan stamina yang terkuras habis untuk bekerja seharian. Tidur delapan jam sehari akan menjaga sistem metabolisme tubuh sehingga berjalan tanpa gangguan. Kurang istirahat dapat mengakibatkan penurunan terhadap daya tahan tubuh.
4. Rutin berolahraga. Usahakan berolahraga secara rutin minimal tiga kali seminggu selama 30 menit. Pilih olahraga sesuai kemampuan fisik Anda, tanpa berlebihan. Bisa dengan aerobik seperti joging, senam, treadmill, bersepeda, atau sekadar berjalan kaki. Olahraga yang baik dilakukan secara teratur tiga kali dalam seminggu.
5. Kurangi mengkonsumsi minuman dingin dan perbanyak minum air putih (suhu normal) minimal delapan gelas sehari. Minuman dingin dapat menurunkan daya tahan tubuh kita saat itu juga.
6. Menghindari stres hendaknya dilakukan, jika tidak diatasi stres akan membuat seseorang terganggu aktivitasnya, mudah emosi, sulit tidur, dan nafsu makan menurun.
7. Mengkonsumsi vitamin bisa membantu memenuhi kebutuhan tubuh Biar Nggak Gampang Sakit. Pilihlah vitamin yang benar- benar telah teruji dan aman untuk dikonsumsi. Seperti ENERVON-C yang mengandung Vitamin C 500 mg dan Vitamin B kompleks. Kandungan ini dapat memperkuat daya tahan tubuh (imunitas) dan dapat menjaga stamina. Konsumsi secara teratur 1-2 tablet sehari, Anda akan merasakan manfaatnya : Membantu memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C dan B kompleks
* Membantu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit
* Kandungan B kompleksnya lengkap, untuk membantu
* proses metabolisme tubuh

http://makhrus.jagakarsa.ac.id/2009/ketika-virus-menyerang-di-musim-pancaroba.mac


0 komentar: