BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Rabu, 12 Mei 2010

Musik Mozart Tidak Meningkatkan Kecerdasan

Selama ini masyarakat percaya mendengarkan musik Mozart bisa meningkatkan intelegensia. Tapi ilmuwan membantah hal tersebut dan mengungkapkan bahwa musik Mozart tidak meningkatkan kecerdasan.

Ilmuwan menyimpulkan hasil tersebut setelah melakukan penelitian selama lebih dari 15 tahun. Temuan ini tentu saja menjadi 'pukulan' bagi orang-orang yang mempercayai 'Mozart-effect'.

Kejadian 'Mozart-effect' pertama kali diusulkan dalam sebuah studi ilmiah yang telah dipublikasikan pada tahun 1993 dalam jurnal Science.

Dalam penelitian 'Mozart-effect' tersebut menunjukkan bahwa remaja yang mendengarkan Mozart Sonata 1781 untuk dua piano di D mayor, dapat melakukan tes penalaran dengan baik dibandingkan remaja lain yang berada di ruangan hening atau sepi.

Temuan 'Mozart-effect' ini dilakukan oleh kelompok studi di University of California dengan hanya melibatkan 36 siswa.

Sejak itu masyarakat Amerika mulai mempercayai efek dari Mozart dan memutar musik klasik untuk anak-anaknya, bahkan memberikan CD klasik gratis bagi para orangtua.

Namun, banyak yang menyangka bahwa efek tersebut adalah sebuah mitos dari hasil penelitian. Karenanya tim dari Vienna University's Faculty of Psychology menganalisis semua penelitian yang dilakukan sejak tahun 1993 dan berusaha untuk mereproduksi efek Mozart. Ternyata didapatkan tim peneliti tidak menemukan bukti adanya fenomena efek Mozart seperti itu.

"Mereka yang mendengarkan musik baik itu Mozart atau sesuatu yang lain seperti Bach, Pearl Jam, tentunya akan memiliki hasil yang lebih baik daripada kelompok yang hening tanpa musik," ujar Jakob Pietsching, ketua penelitian, seperti dikutip dari Telegraph, Rabu (12/5/2010).

Pietsching menuturkan hampir semua orang tahu bahwa masyarakat akan melakukan tes atau pekerjaan dengan lebih baik jika mereka mendapatkan stimulus atau sesuatu yang dapat membatu stimulasinya. Hal inilah yang mungkin selama ini dipercaya oleh masyarakat.

"Meski demikian saya menyarankan semua orang untuk mendengarkan Mozart, tapi bukan untuk meningkatkan kemampuan kognitif seperti yang selama ini diharapkan oleh masyarakat," ujar Pietsching.

Sumber : http://health.detik.com/read/2010/05/12/123059/1355886/766/musik-mozart-tidak-meningkatkan-kecerdasan

0 komentar: